Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur. Sekretariat: Jalan Jenderal Sudirman 546, Balikpapan Kalimantan Timur.

Sabtu, 10 Desember 2011

Pesona Seputar Kalimantan Timur

Oleh: Sri Indriyati Taryono
(Ketua DWP KPPBC Banjarmasin)




Kalimantan Timur merupakan bagian dari Pulau Kalimantan, salah satu pulau di Indonesia, yang memiliki pesona luar biasa. Dalam wilayahnya diantaranya terdapat Pulau Derawan yang terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Hamparan pasir putih di Pulau ini  terlihat seperti butiran kristal, aroma kesejukan lautnya terasa begitu menawan hati. Maka tidak salah jika kita begitu bangga untuk berkata pada dunia bahwa "Pulau Derawan ada di Indonesia!" Di sini terkenal dengan wisata selam dan taman laut yang penuh pesona dan sangat menakjupkan tentunya. Terdapat biota laut seperti cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, kuda laut dan penyu tentunya. Terumbu karang di aerah ini juga tak kalah indahnya, sehingga banyak wisatawan mancanegara sering berkunjung ke Pulau Derawan ini untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Kepulauan Derawan memiliki tiga Kecamatan, yaitu Pulau Derawan, Maratua dan Biduk Biduk. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban. Pulau Kakaban dikenal dengan satwa uniknya yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Satwa langka ini ini yang perlu kita jaga bersama, agar terhindar dari kepunahan.

Kegiatan perikanan merupakan tulang punggung perekonomian Pulau Maratua dan Derawan sebab sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Pulau-pulau ini kaya akan hasil laut khususnya ikan pelagis dan ikan karang.

Dengan semakin meningkatnya kegiatan manusia di daerah Kepulauan Derawan ini maka perlu pula adanya peningkatan dalam menjaga keindahan dan keseimbangan alam yang ada, sehingga keindahan dan keseimbangan  ekosistem seluruh makhluk hidup yang memang sudah berada di sana akan terus terjaga, agar anak cucu kita dapat terus merasakannya. ***


Catatan Redaksi

Redaksi Blog DWP Kanwil DJBC mengucapkan terimakasih kepada Ibu  Taryono yang telah mengirimkan artikelnya. Redaksi menunggu artikel Ibu berikutnya. Bagi pengurus, anggota dan simpatisan DWP yang ingin mengirimkan tulisan ke Blog DWP ini dapat menghubungi Pengurus DWP Kanwil DJBC Kalbagtim.

Selamat berkarya dan berbagi ilmu maupun pengalaman... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar