Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur. Sekretariat: Jalan Jenderal Sudirman 546, Balikpapan Kalimantan Timur.

Rabu, 28 September 2011

Baruang Madu Balikpapan

Beruang Madu adalah salah satu hewan langka yang dilindungi di Indonesia bahkan di dunia. Di Kalimantan Timur, tepatnya di Km. 23 Jalan Raya Balikpapan-Samarinda, terdapat Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH), yang merupakan kawasan Konservasi Beruang Madu. Kawasan ini seluas 1,3 Ha dan didisain sedemikian rupa menyerupai habitat Beruang Madu yang sesungguhnya.

Saat ini KWPLH merawat lima beruang madu hasil tangkapan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Kondisi para Beruang Madu saat ini dalam keadaan sehat dan terawat meskipun ada yang saat ditemukan sudah dalam keadaan pincang, taring dicabut atau cacat lainnya.

Bagi pecinta alam dan pecinta binatang yang ingin melihat dari dekat kawasan ini dapat mengunjungi KWPLH ini yang dibuka setiap hari, namun agar dapat melihat mereka saat di lepas di "hutan", silakan berkunjung antara pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WITA.

Pengunjung dapat mengamati keadaan lingkungan hutan dan perilaku Beruang Madu melalui jembatan intai yang dibangun hampir mengelilingi kawasan. Dharma Wanita Persatuan Kanwil DJBC Kalbagtim mengajak segenap masyarakat untuk mendukung konservasi ini. Selamat berkunjung dan berdonasi demi kelestarian alam. :)

Salam Redaksi (*eo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar