Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur. Sekretariat: Jalan Jenderal Sudirman 546, Balikpapan Kalimantan Timur.

Selasa, 02 Oktober 2012

Selamat Hari Batik Nasional

Sambutan Ketua DWP Kanwil DJBC Kalbagtim pada Hari Batik Nasional

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang saya sayangi dan banggakan Ibu-Ibu pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian  Timur.
Hari ini, tanggal 2 Oktober 2012 ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai Hari Batik Nasional. Pemerintah RI melalui Keputusan Presiden Nomor 33 tahun 2009 tertanggal 17 November 2009 menetapkan tanggal 2 Oktober 2012 sebagai Hari Batik Nasional. Tanggal 2 Oktober dipilih karena pada tanggal itulah UNESCO, Badan PBB yang membidangi pendidikan,  ilmu pengetahuan dan kebudayaan mengakui batik sebagai salah satu warisan budaya dunia yang lahir dari bumi Indonesia, dan memasukkan batik ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.

Kalau dunia sudah mengakui bahwa batik lahir di bumi pertiwi ini, maka kita sebagai bangsa Indonesia sudah semestinya merasa bangga dan mengekspresikan kebanggaan itu dengan cara menghargai batik itu sendiri, memelihara keberadaannya, memperdalam pengetahuan tentang batik dan menularkanya ke generasi penerus kita, dan melindungi dari kelangkaan.

Di hari Batik Nasional ini saya menghimbau kepara para ibu untuk mengajak anggota keluarga, sanak saudara dan kolega untuk mengenakan batik. Batik yang dikenakan pada momen dan dengan gaya yang pas akan makin memancarkan keelokannya.

Mari hargai, lindungi dan lestarikan budaya negeri Indonesia...
Wassalam Wr. Wb.

Hj. Erna Oentarto
Ketua DWP Kanwil DJBC Kalbagtim.

(catatan redaksi: batik yang dikenakan oleh Bapak Pembina dan Ibu Ketua adalah sarimbit batik tulis lasem dengan motif negotiating birds)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar