Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur. Sekretariat: Jalan Jenderal Sudirman 546, Balikpapan Kalimantan Timur.

Senin, 14 November 2011

AMPLANG

Burung pipit dan ayam jantan
bermain-main di tanah lapang...
Belumlah komplit ke Kalimantan...
Bila belum rasakan amplang!**



Amplang, kerupuk khas Kalimantan menjadi andalan sebagai buah tangan untuk dibagikan kepada handai taulan  bagi kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan. Bahan dasar kerupuk renyah gurih ini adalah ikan belida atau ikan pipih.  Meskipun jenis ikan lain juga dapat digunakan, misalnya ikan gabus, tetapi banyak orang berpendapat bahwa yang paling enak adalah yang terbuat dari ikan belida atau ikan pipih. Ikan belida atau ikan pipih terasa lembut bila dihaluskan.

Bagaimana cara membuat amplang? Dapur DWP Kanwil DJBC Kalbagtim berbagi resep berikut ini:


Bahan yang diperlukan:
1. 1 kg Daging ikan
2. 6 ons tepung kanji
3. Garam secukupnya
4. Gula secukupnya
5. 2 butir telur ayam
6. bawang putih

Proses pengolahan:
Gilinglah ikan yang telah dibersihkan tulang dan durinya, campur dengan tepung kanji, garam, gula dan bawang putih yang telah ditumbuk halus, sehingga menjadi adonan yang menyatu. Kemudian bentuk adonan sesuai selera.

Goreng amplang dengan minyak yang banyak, aduk-aduk agar tidak gosong,  angkat bila sudah  benar-benar matang. Amplang yang telah digoreng, ditiriskan untuk membuang sisa-sisa minyak. Bungkus amplang dalam kantong plastik kedap udara, simpan pada suhu kamar dan hindarkan dari terik matahari langsung.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Salam redaksi
**e0


Penasehat DWP BC Kalbagtim didampingi Ibu Ketua saat meninjau bisnis rumahan amplang..


1 komentar: